Block Board

Block Board- adalah variasi dari kayu lapis, terbuat dari lembaran inti strip kayu (barecore) dilem di antara dua lapisan veneer atau kayu lapis. Proses pembuatan blockboard mirip dengan kayu lapis, kecuali lembar inti terbentuk dari barecore yang diproduksi dengan cara menggabungkan batangan kayu ke dalam mesin composer. Resin perekat untuk blockboard biasanya adalah resin yang dipakai pada pembuatan kayu lapis.

Blockboard merupakan sebuah produk hasil olahan Industry Plywood. Block Board terdiri dari 5 lapis yaitu lapis Muka (Face) yang berasal dari lembaran Plywood setebal 0.5 ~ 2 mm, selanjutnya dilapis dengan 2 Veneer Shortcore yang melapisi bagian Inti (Core) yang terbuat dari kayu Hutan seperti kayu meranti atau kayu rakyat seperti Kayu Albasia yang sudah dipotong/dibelah menjadi corepeace yang telah menjadi lembaran core dengan ketebalan 10 ~ 13.2 mm dan dibuat menjadi block board dengan ketebalan berkirar 10 ~ 18 mm dan yang terakhir adalah lapisan belakang (Back) yang dibuat dari Plywood lembaran setebal 0.5 ~ 2.0 mm.

Blockboard tersusun dari balok-balok kayu lunak dan memiliki lapisan multipleks setebal 20-30 mm di bagian tengahnya. Bagian atas dan bawah permukaan blockboard dilapisi veneer kayu sehingga menampilkan kesan halus dan mengilap.

Karena dilapisi oleh veneer, blockboard dapat memberikan tampilan akhir yang lebih halus dan licin sehingga sangat cocok untuk menampilkan kesan elegan dan modern di dalam ruangan. Oleh sebab itu, blockboard biasanya diaplikasikan untuk furniture interior, seperti meja kerja, rak buku, dan kitchen set.